Select Language

Senin, 28 November 2011

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI

I.  EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT  DARI SISI ANGGOTA
o       Efek-efek ekonomis koperasi
o       Efek harga dan efek biaya
o       Analisis hubungan efek ekonomis dengan keberhasilan koperasi
o       Penyajian dan analisis neraca pelayanan

  1. Efek-efek ekonomis koperasi
Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Motivasi ekonomi anggota sebagi pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan baik barang maupun jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual atau pembeli di luar koperasi.
Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi:
    1. jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
    2. Jika pelayanan itu ditawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan dari pihak-pihak lain dibanding yang diperolehnya dari pihak-pihak lain yang di luar koperasi.