Select Language

Selasa, 09 Oktober 2012

Pemasaran Online

Pemasaran Online adalah pemasaran yang dilakukan memalui system komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik atau tidak secara tatap muka

Ada2 (dua ) jenis saluran pemasaran online :
  1. Layanan Online Komersial, Internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan, seperti America online, Compuserve dan Prodigy.
  2. Internet, Web global jaringan komputer yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.

Pertumbuhan Pemasaran online
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.

Konsumen online
Konsumen online adalah penguna internet. Cara melakukan pemasaran online dengan :
  1. Menciptakan kehadiran online elektronikCara ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu:
    1. Membeli ruang dilayanan online komersial.
    2. Membentuk situs internet sendiri misalnya dengan Situs Internet Perusahaan ( corporate Web Site ), Situs Internet Pemasaran ( marketing Web Site ).
  2. Menempatkan Iklan Online, merupakan iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online / situs internet yang mempunyai papan iklan, jendela timbul tengelam, ticker, roadblock.
  3. Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita dan masyarakat internet.
  4. Mengunakan E-mail dan Webcasting, Yang dimaksud dengan webcasting adalah pen-download-an secara otomatis informasi-informasi yang diminati yang sudah dikotumisasi ke PC si penerima yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet / informasi lain.

Peluang dan Tantangan Pemasaran Online

Peluang Pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa perusahaan.

Tantangan pemasaran online :
1.     Keterpaparan dan pembelian konsumen yang terbatas.
2.     Demografis dan psikografis pengusaha menjadi menyimpang.
3.     Kekacauan dan kesemrawutan.
4.     Keamanan.
5.     Kepedulian etis.

Referensi :
Philips Kotler dan Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, jilid 2, edisi ke-9, Bab 17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di BLOG saya. Silahkan tulis Komentar anda disini. Masukkan Author dengan menggunakan NAMA DAN URL, agar mudah dalam kunjungan balik. Terima kasih.
NO SARA, NO PORNOGRAFI