Select Language

Minggu, 11 Mei 2014

Tingkatkan Pemahaman Pasar Modal, BEI Gelar Sekolah Pasar Modal 2014

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerjasama dengan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Anggota Bursa (AB) kembali menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal (SPM) Tahun 2014. SPM merupakan salah satu bentuk kegiatan edukasi dan sosialisasi investasi di pasar modal yang telah dilaksanakan secara gratis sejak tahun 2006 dan terbuka bagi seluruh kalangan masyarakat umum yang terdiri dari para profesional, ibu rumah tangga, pensiunan, mahasiswa, pelajar, dan kelompok masyarakat lainnya.

Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi menyatakan bahwa SPM 2014 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat umum mengenai pasar modal sehingga masyarakat berminat untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. “Dengan adanya sekolah pasar modal, masyarakat dapat mengetahui seluk beluk berinvestasi secara komprehensif sehingga para investor dan calon investor diharapkan menjadi lebih cerdas dan handal dalam berinvestasi di pasar modal.”,ungkap Friderica. SPM terdiri dari 2 (dua) level yaitu SPM Level I dan SPM Level II.

SPM Level I bertujuan untuk memperkenalkan investasi yang cerdas di pasar modal. Peserta SPM Level I adalah masyarakat yang sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Materi yang akan diajarkan dalam SPM Level I diantaranya Pengenalan Investasi di Pasar Modal, Mekanisme Transaksi Efek di BEI, Pengenalan Kartu Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes), Menjadi Investor di Pasar Modal (Perbandingan Keunggulan Efek & Pengantar Analisa Saham), serta Transaksi Saham Online.

Sedangkan SPM Level II bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisa saham dan meningkatkan pemahaman efek atau produk investasi lainnya di pasar modal. Peserta SPM Level II adalah masyarakat yang sudah menjadi investor saham atau reksa dana. Materi untuk SPM Level II diantaranya Pengenalan mengenai Pasar Modal Syariah di Indonesia, Derivative dan Structured Product, Fixed Income, Reksa Dana, Analisa Saham, dan Market Update. 

Selain itu, SPM 2014 juga didukung oleh 9 (sembilan) AB sebagai mitra kerjasama, yaitu: PT Bahana Securities, PT CIMB Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT Henan Putihrai, PT Indo Premier Securities, PT Kresna Graha Sekurindo Tbk, PT Mega Capital Indonesia, PT Panin Sekuritas Tbk, dan PT RHB OSK Securities Indonesia.

SPM 2014 akan dilaksanakan dalam 36 gelombang di Gedung BEI Jakarta dan 28 gelombang di Kantor Perwakilan BEI Surabaya dan dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 28 April 2014 hingga 27 November 2014. Tingginya antusiasme masyarakat dalam mengikuti SPM terlihat dari jumlah pendaftar SPM pada tahun 2013 yang mencapai 9.459 orang. BEI berharap tahun ini jumlah peserta SPM pun dapat lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Selain SPM regular, pada tahun 2014, BEI juga bekerjasama dengan KPEI, KSEI, dan AB yang sudah mempunyai Syariah Online Trading System (SOTS) akan menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) sebanyak 16 Gelombang, yang terdiri dari 8 gelombang Level I dan 8 gelombang Level II di Jakarta dan Surabaya. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut tentang SPM dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) dapat dilihat melalui website: sekolahpasarmodal.idx.co.id atau dapat menghubungi nomor telepon 021-5150515 dengan Ira Shintiya, ira.shintiya@idx.co.id, ext. 7705; Deri Yustria,deri.yustria@idx.co.id, ext. 7717; dan Doddy Prasetya, doddy.prasetya@idx.co.id , ext. 7725.

Tak hanya melalui SPM, BEI berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada masyarakat melalui program-program inovatif lainnya, diantaranya Investor Summit & Capital Market Expo, Forum Investor, Investor Day, IDX Investor Club, Galeri Investasi BEI, dan Celebrities Gathering. Melalui rangkaian kegiatan sosialisasi dan edukasi, diharapkan minat berinvestasi masyarakat di pasar modal Indonesia dapat terus meningkat.

Komentar:
Saya rasa IDX sangat memegang peran penting terhadap pembelajaran tentang pasar modal untuk masyarakat indoseia. saya sendiri yang pernah menjadi peserta Sekolah Pasar Modal Syariah pada tahun 2013 merasa bersyukur atas adanya acara ini. selain dapat ilmu saya bisa langsung melakukan investasi dengan mendaftar kepada salah satu sekuritas yang ada di IDX pada saat itu (Panin Assets Management dan IPOT). semoga acara ini bisa meningkat rasa ingin berinvestasi kepada masyarakat Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di BLOG saya. Silahkan tulis Komentar anda disini. Masukkan Author dengan menggunakan NAMA DAN URL, agar mudah dalam kunjungan balik. Terima kasih.
NO SARA, NO PORNOGRAFI