Select Language

Senin, 22 November 2010

PENGERTIAN CINTA KASIH

Menurut kamus umum bahasa Indonesia, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) ataupun (rasa) sangat kasih, ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir sama. Walaupun cinta dan kasih mrngandung arti hampir sama, tapi terdapat perbrdaan. Cinta megandung pengertian mendalamnya rasa, kalo kasih lebih keluarnya.

Cinta berperan penting dalam kehidupan karena cinta merupakan landasan dalam perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeiharaan anak dan cinta juga pengikat yang kokh antara manusia dengan TUHANNYA. Sehingga manusia menjalankan perintahNYA dengan ikhlas.

Dalam bukunya Erich Fromm menyebutkan, bahwa cinta itu terutama memberi bukan menerims karena memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu yaitu Pengasuhan, Tanggung jawab, Perhatian dan Pengenalan. 

Menurut Dr Sarlito W. Sarwono bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterkaitan, keintiman, dan kemesraan. Yang dimaksud keterkaitan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioriats untuk dia. Unsur yang kedua keintiman, yaitu kebiasaan dan tingkah laku yang menunjkan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi. Unsur yang ketiga kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu. Beliau juga mengemukakan, bahwa tidak semau unsur cinta tidak sama kuatnya.

Menurut Dr. Abdullah Nasih Ulwan, dalam bukunya manajemen cinta. Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang. Cinta adalah fitrah manusia yang murni, yang tak dapat terpisahkan dengan kehidupannya. 

Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada ALLAH, Rasulullah dan berjihaddijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.

Bagi Orang ISLAM yang bertakwa sudah menjadi keharusan bahwa cinta kepada ALLAH, Rasuullah, dan berjihad dijalan ALLAH (bukan TERORIS), adalah merupakan cinta yang tidak ada duanya. Hal ini meupakan konsekuensi iman dan merupakan keharusan dalam Islam. bahkan itu merupakan pendorong untuk mrnjunjung tinggi agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di BLOG saya. Silahkan tulis Komentar anda disini. Masukkan Author dengan menggunakan NAMA DAN URL, agar mudah dalam kunjungan balik. Terima kasih.
NO SARA, NO PORNOGRAFI