Select Language

Rabu, 22 Desember 2010

Kebiasaan Menyontek pada saat UJIAN

Menyontek adalah kebiasaan yang pada saat ini sering dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa. Cara seperti ini biasanya dilakukan oleh setiap orang bila dalam keadaan terdesak pada saat orang tersebut tidak bisa mengerjakaan soal yang diberikan tetapi ada juga orang yang sudah mengandalkan jawaban dari contekan tersebut. Pada zaman sekarang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bila mahasiswa tidak pernah menyontek.

Cara - cara menyontek yang biasa dilakukan adalah menyiapkan kertas kecil yang sudah disiapkan sebelum ujian mulai atau dengan kata lain sebelum ujian mereka menyiapkan tulisan - tulisan yang sudah diprediksi sebelumnya akan dikeluarkan oleh dosen yang membuat soal. Padahal bila kita menyiapkan tulisan tersebut pasti kita akan membaca materi yang akan dia tulis jadi secara tidak langsung kita membaca materi yang akan keluar (belajar).

Mungkin untuk orang yang sudah terbiasa melakukan hal seperti ini mereka sudah mengerti bagaiman cara yang akan dilakukan supaya tidak diketahui oleh pengawas kalo dia menyontek. Karena resiko menyontek pada saat ujian itu sangat besar, biasanya bila ada yang ketahuan menyontek akan diberikan sanksi :
  1. Hanya teguran oleh pengawas
  2. Lembar jawaban akan diambil oleh pengawas
  3. Lembar jawaban akan dirobek
  4. Mendapatkan nilai NOL
  5. Di DO pada mata kuliah yang diujikan.
Jadi perilaku menyontek itu adalah perbuatan yang sangat tercela, jadi janganlah anda semua menyontek pada saat ujian. Lebih baik anda belajar atau memahami materi nyang sudah diberikan. 

Lebih baik mendapatkan nilai 7 dengan usaha sendiri daripada nilai 9,5 tapi hasil dari menyontek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di BLOG saya. Silahkan tulis Komentar anda disini. Masukkan Author dengan menggunakan NAMA DAN URL, agar mudah dalam kunjungan balik. Terima kasih.
NO SARA, NO PORNOGRAFI